UMKM dinilai akan berkembang apabila mampu berinovasi mengembangkan kreatifitas-kreativitas baru. Bahkan kreativitas menjadi salah satu poin penting sehingga suatu usaha mampu bertahan ditengah persaingan zaman yang begitu kompetitif.

Ide-ide kreatif perlu untuk dimunculkan apabila bisnis ingin berkembang” ungkap Owner Projasa Web, Kanada Kurniawan dalam kegiatan Diklat Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UMKM Kalbar.

Praktisi Internet Marketing asal Pontianak ini juga mengungkapkan bahwa suatu ide kreatif tidak muncul dengan sendirinya, melainkan mencarinya dengan cara banyak belajar. Menurutnya ide kreatif itu adalah ilmu yang bisa dipelajari dan dilatih.

Kreativitas itu ilmu, ilmu itu harus diasah dengan cara melatihnya, intinya harus sering mencoba,” imbuhnya.

Ide-ide kreatif itu, lanjutnya bisa digunakan dalam berbagai sisi bisnis, mulai dari inovasi produk, pengemasan, hingga marketing. Sebuah produk bisnis, kata dia seharusnya dalam kurun waktu tertentu harus mengalami perubahan, agar tidak terkesan jadul dan membosankan.

Lebih lanjut, dikatakannya bisnis juga harus dimulai dengaan tujuan bisnis tersebut dirintis. Tujuan dari bisnis itu dikatakannya harus mampu menjawab kebutuhan masyarakat banyak. “Carilah alasan untuk berbisnis yang mana bisnis tersebut beririsan dengan urusan orang lain,” tuturnya.

Menurutnya pegiat UMKM juga harus berusaha mencari berbagai permasalahan yang ada. Dari permasalahan tersebut mereka dapat menemukan solusinya dari usaha yang dibangun baik usaha jasa maupun barang. ”Cari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat banyak, kemudian berikan solusi dari produk yang ditawarkan,” ungkapnya.

Bisnis yang baik, kata dia adalah yang mengkolaborasikan dua atau lebih berbagai jenis ilmu pengetahuan. Dengan menggunakan dua jenis ilmu atau lebih maka akan meghasilkan suatu kreatifias, karena bisnis tidak hanya mengandalkan satu kemampuan saja.

Bisnis yang baik jika membenturkan dua jenis ilmu pengetahuan, misalnya yang jago buat kopi dan jago menggambar, bisa saja kita meleburkan keduanya sehingga dibuatlah bisnis kopi bergambar,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah pegiat UMKM pemula dari berbagai daerah mendapatkan pelatihan secara intensif. Materi tentang ide kreatif dinilai perlu karena hal ini sangat penting agar wawasan dan pemahaman peserta dapat lebih terbuka luas.

Dalam pertemuan tersebut, Kanada juga mencontohkan cara-cara promosi kreatif yang mampu menggaet banyak konsumen. “Kalau kita tidak mampu membuat iklan yang baik, maka kita buat saja iklan yang buruk, agar iklan tersebut dianggap unik serta diingat mudah oleh orang lain,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *